7 Ciri-Ciri Orang Cerdas Menurut Psikolog, Bukan Cuma IQ Tinggi

Jabung Online - Kecerdasan biasanya dikaitkan dengan skor Intelligence Quotient (IQ) yang dimiliki. Semakin tinggi skor IQ maka kecerdasan makin baik, hal sebaliknya berlaku untuk nilai IQ rendah.

Namun, IQ bukan satu-satunya penentu baiknya kecerdasan. Misalnya dari cara mengenali diri sendiri dan mengendalikan perasaannya. Ternyata, ada beberapa ciri orang cerdas lainnya menurut psikolog.

7 Ciri-Ciri Orang Cerdas Menurut Psikolog
Dikutip dari situs Business Insider, berikut ini 7 ciri-ciri orang cerdas: 

1. Mudah beradaptasi
Berdasarkan penelitian tentang human intelligence dalam Britannica, para psikolog sepakat kemampuan adaptasi terhadap lingkungan merupakan kunci untuk memahami kecerdasan. Tingkat kecerdasan bergantung pada kemampuan berperilaku menghadapi lingkungan secara efektif dan membuat perubahan.

2. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi
Dalam riset berjudul Childhood Intelligence Predicts Adult Trait Openness oleh Adrian Furnham dan Helen Cheng dalam Journal of Individual Differences, terdapat hubungan kecerdasan dengan keterbukaan pada pengalaman dan rasa ingin tahu saat dewasa.

3. Berpikiran terbuka
Orang cerdas bersedia dan mempertimbangkan pandangan lain, berwawasan luas, dan berpikiran terbuka. Orang cerdas akan mencari sudut pandang alternatif dan menimbang bukti-bukti secara adil. Mereka cenderung berhati-hati ketika memilih ide dan perspektif.

4. Memiliki pengendalian diri yang tinggi
Jurnal Psychological Science menunjukkan, terdapat hubungan antara pengendalian diri dan kecerdasan. Dalam riset tersebut, para peserta diberi pilihan pembayaran yang kecil segera atau pembayaran yang besar di kemudian hari. Responden yang memilih pembayaran besar di kemudian hari memiliki pengendalian diri dan kecerdasan yang lebih baik.

5. Peka terhadap perasaan orang lain
Orang yang cerdas dapat merasakan apa yang dipikirkan atau dirasakan orang lain. Beberapa psikolog berpendapat, empati terhadap perasaan orang lain adalah komponen inti dari kecerdasan emosional. Orang dengan tipe ini biasanya sangat tertarik untuk berbicara dan belajar dengan orang baru.

6. Pandai mengelola emosi
Dikutip dari situs Healthline, orang yang cerdas dapat mengenali emosi yang kompleks, memahami bagaimana emosi tersebut memengaruhi pilihan, dan mengendalikan diri untuk mengekspresikan perasaan di waktu yang tepat.

7. Menerima Dark Jokes
Dalam situs Psychology Spot dijelaskan, orang cerdas memiliki penyikapan yang berbeda terhadap dark jokes. Mereka menerima dark jokes, yang kerap dianggap melanggar norma yang berlaku di masyarakat. Hal ini berdasarkan riset yang dilakukan di Medical University of Vienna.

Orang cerdas pada kenyataannya tidak hanya dinilai berdasarkan IQ. Kehidupan sosial dan lingkungan sekitar turut andil menentukan ciri-ciri orang cerdas.

Baca artikel detikedu, "7 Ciri-Ciri Orang Cerdas Menurut Psikolog, Bukan Cuma IQ Tinggi" selengkapnya https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7080107/7-ciri-ciri-orang-cerdas-menurut-psikolog-bukan-cuma-iq-tinggi.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Comments