KUMPULAN PTS LENGKAP UNTUK KEPALA SEKOLAH DAN PENGAWAS



PTS adalah Penelitian Tindakan Sekolah atau sebagian orang menyebut Tindakan Kepngawasan. PTS ini biasanya diharuskan kepada Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mau mengajukan kenaikan pangkat atau Pengawas yang juga mau naik pangkat. Penelitian tindakan sekolah tidak jauh beda dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), cuma dalamPenelitian Tindakan Sekolah (PTS) ruang lingkupnya agak lebih luas dibandingkan dengan Penelitian Tindakan Kelas, karena kebanyakan penelitiannya melibatkan sekolah-sekolah lain, misalnya dengan mengadakan Workshop, KKG, MGMP dan sebagainya, yang bisa dijadikan untuk bisa melakukan penelitian. oleh karena itu bagi anda rekan guru, kepala sekolah atau pengawas sekolah yang belum pernah membuat Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) disini saya menyediakan Laporan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) silahkan dibaca dan didownload,semoga bisa dijadikan refrensi pada sekolah anda masing-masing.

Dengan adanya peningkatan mutu pendidikan dari tahun ke tahun kepala sekolah di tuntut untuk kreatif dan inovatif dalam memimpin. Dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dan pengelolaan sekolah, kepala sekolah dapat melakukan PTS sekaligus sebagai sarana pengembangan profesinya (Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru), PTS merupakan penelitian yang berawal dari permasalahan sekolah, diselesaikan melalui tindakan spesifik dari gagasan peneliti untuk menyelesaikan permasalahan sekolah. Dengan demikian, yang pertama harus ada dalam penelitian PTS bukanlah diawali dengan membuat judul tetapi diawali dengan menemukan adanya masalah dan tantangan-tantangan untuk melakukan pembaruan atau inovasi.

Masalah-masalah yang akan dirumuskan adalah masalah-masalah aktual yang penting dan mendesak.
Jika masalah-masalah itu tidak segera diatasi, dikhawatirkan akan berdampak negatif terhadap sekolah. Oleh karena itu, diperlukan tindakan spesifik yang diyakini benar-benar dapat mengatasi masalah-masalah tersebut. Selain berangkat dari permasalahan, PTS juga dapat dilakukan untuk melaksanakan suatu pembaruan ataupun inovasi dalam berbagai aspek sekolah. Misalnya manajemen perubahan, inovasi pembelajaran, pengembangan kultur baru di sekolah, dan inovasi kepemimpinan pembelajaran.

Saat ini, penelitian paling banyak dilakukan oleh guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah adalah PTS. Penelitian tindakan yang dilakukan guru disebut Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTS bertujuan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di sekolah. Sedangkan PTK bertujuan untuk menyelesaikan masalah-masalah pembelajaran di kelas.
Selanjutnya silahkan para sahabat guru dan pengawas bagi yang membutuhkan PTS untuk Kepala Sekolah dan Pengawas silahkan klik sesuai judul yang di butuhkan :


Implikasi Pembinaan Menejerial Administrasi Kepala Sekolah Oleh Supervisi Pendidikan Terhadap Kinerja Guru Dalam Mengajar. 

Kunjungan Supervisor Pendidikan Terhadap Inspeksi Implementatif Pengelolaan Tata Ruang Kantor. 

Aspek Positif Peninjauan Oleh Supervisi Pendidikan Terhadap Aplikasi Pembelajaran Model Gabungan Antara Ceramah Dengan Kerja Kelompok. 

Upaya Mengembangkan Kompetensi Skill Guru Penjaskes. 

Memperkenalkan Konsep Model Pembelajaran Reward First In Group Pada Guru Penjaskes Guna Peningkatan Mutu Mengajar. 

Inspeksi Langsung Atas Pelaksanaan Kurikulum Mata Pelajaran Pkn Oleh Pengawas Sekolah 

Implementasi Pembinaan Konsepsi Model Pembelajaran Up Grading Oleh Pengawas Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Mengajar Guru Agama Islam 

Gagasan Konseptual Supervisor Pendidikan Tentang Pembelajaran Inovatif Model Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Guna Meningkatkan Mutu Guru Mengajar 

Efektitifas Program Pembinaan Kedisiplinan Dalam Proses Belajar Mengajar Terhadap Etos Kerja Mandiri Guru 

10 
Intensionalitas Pengarahan Konsep Pembelajaran T.A.I. Secara Berkala Pada Guru Mengajarmapel Matematika 

11 
Penyelenggaraan Work Shop Oleh Pengawas Sekolah Guna Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Butir Soal Ujian Akhir Semester 

12 
Penyelenggaraan Work Shop Oleh Pengawas Sekolah Guna Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Butir Soal Ujian Akhir Semester 

13 
Observasi Supervisi Kependidikan Terhadap Hasil Kompetensi Dan Kinerja Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar 

14 
Penerapan Metode Kooperatif Model Group Investigation Sebagai Alternatif Meningkatkan Kinerja Guru Mengajar Matematika 

15 
Intensitas Pembinaan Pengawas Sekolah Terhadap Kinerja Guru Penjaskes Di Sekolah Binaan 

16 
Manfaat Positif Media Pembelajaran Video Recorder Sebagai Upaya Solusi Bagi Guru Mengajar Agama Islam 

17 
Upaya Kinerja Guru Materi Pelajaran Matematika Melalui Metode Belajar Aktif Model 

18 
Upaya Pembinaan Dan Pengarahan Bagi Para Guru Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Di Sekolah Binaan 

19 
Mengembangkan Komunikasi Interpersonal Antara Guru Dengan Siswa Guna Meningkatkan Efektifitas Kegiatan Belajar Mengajar 

20 
Kontribusi Pengembangan Pengawas TK/SD Bagi Peningkatan Kinerja Profesional Pengawas 

21 
Permasalahan Dalam PTS 

22 
Meningkatkan Profesionalisme Guru Mengajar 

23 
Profesionalisme Guru 

24 
Usaha Pembinaan Peningkatan Kualitas Guru Dalam Menyusun RPP Oleh Pengawas Sekolah Melalui Program CLCK 

25 
Kinerja Guru Vs CLCK 

26 
Observasi Pengawas Sekolah Terhadap Penerapan Model Pembelajaran SQ3R 

27 
Pengarahan Konsep Pembelajaran Learning Together Oleh Supervisor Pendidikan Guna Peningkatan Kualitas Guru Mengajar 

28 
Tindakan Aplikatif Supervisi Kependidikan Terhadap Pengarahan Akademik Pembelajaran Model Berfikir, Menulis Dan Berdiskusi 

29 
Monitoring Pelaksanaan Konsepsi Pembelajaran Fragmatika Dinamis Oleh Pengawas Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Guru Pada P B M IPA 

30 
Meningkatkan Kompetensi Dan Kinerja Guru Dalam Mengajar Melalui Stimulasi Minat Baca Referensi Kependidikan Di Perpustakaan Sekolah 

31 
Kunjungan Dinas Supervisor Kependidikan Sebagai Upaya PengamatanPelaksanaan Pembelajaran Terpadu Model Connected Learning (M C L ) 

32 
Efektifitas Penyelenggaraan U K S Guna Meningkatkan Kesadaran Kesehatan Dan Kebersihan Lingkungan Sekitar 

33 
Pengarahan Instrumen Pembelajaran Model Permainan Edukatif Oleh Supervisor Pendidikan Bagi Pengembangan Inovatif Guru Dalam Mengajar Bahasa Indonesia 

34 
Pelaksanaan Teknik Supervisi Individual Sebagai Implementasi Kerja Kepengawasan 

35 
Kepemimpinan Kepala Sekola, Motivator Guru Dan Pengawas 

36 
Kunjungan Kerja Supervisi Guna Monitoring Pelaksanaan Pembelajaran Metode Kumon 

37 
Peningkatan Efektivitas Guru Dalam Pengelolaan Waktu Belajar Murid Dengan Menggunakan Ceklis Siswa 

38 
Peran Kerja Nyata Pengawas Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dalam KBM 

39 
Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Mengajar IPS Melalui Pembinaan Konsep Presentasi Power Point 

40 
Usaha Mengembangkan Wawasan Ilmiah Bagi Kualitas Guru Mengajar IPA Melalui Kebiasaan Internet Di Media Google 

41 
Pembinaan Kurikulum Mata Pelajaran Matematika Oleh Supervisor Pendidikan Melalui Aplikatif Pembelajaran Divergensi Taktis 

42 
Peninjauan Supervisi Terhadap Pelaksanaan Konsep Pembelajaran Permainan Edukatif Oleh Guru Yang Mengajar Bahasa Indonesia 

43 
Nilai Positif Pembinaan Konsep Pembelajaran Numeric System Pada Guru Mengajar Matematika 

Dan bagi yang membutuhkan PTK Bisa di unduh di SINI

File tersebut di upload ke ziddu.com, untuk mempermudah rekan2 dalam proses download agar dianjurkan untuk mendaftar telebih dahulu di ziddu, agar proses download bisa lancar dan stabil, pendaftaran gratis hanya cukup memasukan biodata serta email yang aktif karena ziddu membutuhkan proses validasi/verifikasi melalui email yang di daftarkan, untuk lebih jelas panduannya bisa di lihat di SINI

Jika ada kendala mohon komentar di bawah, terima kasih, salam sukses........................

Comments

Post a Comment