Ijazah Tanpa Sekolah ?

Sekilas judul artikel ini menimbulkan banyak pertanyaan, diantaranya : Memang ada yang bisa dapat Ijazah Tanpa Sekolah?, Bagaimana cara mendapatkannya?, jika itu semua bisa terus bagaimana outputnya..?.

Ijazah Tanpa Sekolah di zaman serba digital ini bukan sesuatu yang tak mungkin, bahkan sangat mungkin bisa dengan mudah didapatkan.

Sekolah formal mungkin lumayan susah untuk dapat melakukan karna di sekolah formal untuk dapat ijazah tanpa sekolah melalui jalur formal hampir dikatakan 90% tidak bisa karna dalam sekolah formal siswa harus ikut langsung dalam proses pembelajaran step by step.

Lalu bagaimana dengan sekolah non formal?.. saya tidak mengatakan semua sekolah non formal ya.. karna saya yakin masih banyak sekolah non formal yang memiliki tujuan tak hanya sekedar mendapatkan keuntungan semata namun memikirkan output nya juga. Artinya proses belajar tetap harus dilakukan hingga tahap akhir.

Tujuan awal pemerintah meluncurkan program Ijazah Paket tak lain adalah membantu mereka yang putus sekolah karna biaya. Namun dalam perjalanannya tujuan itu kini sudah tak murni lagi 100%. Bahkan dari hasil pengamatan saya banyak pelaksana sekolah non formal menjadikan program pemerintah ini sebagai peluang bisnis semata dengan mengesampingkan tujuan inti pendidikan. 

Jangan sampai alih-alih menolong justru menjerumuskan. Lo kok bisa...? Ya ada sebagaian pelaksana sekolah non formal tak berfikir efek dari program Ijazah Tanpa Sekolah* memudahkan namun menjerumuskan, coba anda bayangkan ada seorang dokter yang lulus tes sebagai dokter disebuah rumah sakit sementara Ijazah yang ia dapat tidak melalui proses pendidikan layaknya pendidikan, atau Seorang Guru yang lulus tes PNS menggunakan Ijazah yang ia dapat tanpa melalui proses pendidikan.tidak .. tentu anda sudah tau jawabannya.. "Mal Praktik" yang akan terjadi, bahkan tidak hanya itu akan lebih parah jika hal yang demikian terus kita biarkan.

Alih-alih menolong untuk dapat ijazah agar supaya bisa bekerja eh hasilnya justru meracuni generasi yang akan datang 10 sampai 20 tahun kedepan.

Itulah kenapa praktik seperti itu saya lebih suka menyebut Ijazah Tanpa Sekolah.

Bagaimana menurut anda? Tulis pendapatmu di kolom komentar.

#BangJO

Comments

  1. Maaf Admind, melalui link ini mohon disampaikan ke pemerintah , pendapat pribadi, saya sangat menyayangkan pemerintah membuka PAKET , sebab tidak sejalan dgn tujuan pendidikan nasonal jika alih alih menolong bagaimana ouputnya sedang yg gormal aja gelepotan menerima ilmu dari guru apalagi yg tfk ada pertemuan tspi langsung mendspat ijazah. itulah sejatinya kita meracuni anak bangsa secara distematis

    ReplyDelete

Post a Comment