Isteri-isteri Sang Pembebas Konstantinopel

_Sekitar tiga jam membaca sekedar tentang ibu dan isteri dari Sultan Murad II (ayah Fatih) serta para isteri dan anak-anak Mehmed II Fatih sendiri hanya dapat satu lembar skema acak-acakan begini.._

Beliau, Mehmed II Fatih, menikah lima kali:

*Pertama* kali (usia 15 tahun) karena cinta sejak "pandangan pertama" dan melahirkan Pangeran Bayezid II yang kelak meneruskan ayahnya sebagai sultan.

*Kedua* kali (usia 18 tahun) karena ingin membahagiakan ayahnya yang tidak setuju dengan pernikahan pertama; melahirkan Pangeran Mustafa yang banyak masalah dalam pergaulan hingga menimbulkan fitnah.

*Ketiga* kali (selisih beberapa bulan dari pernikahan kedua) terpaksa karena desakan ayahnya demi pertimbangan aliansi pertahanan wilayah timur yang sering diserang syi'ah. Beliau tidak menyukainya secara terbuka dan tidak dipergauli sehingga tidak memiliki keturunan.

*Keempat* kali (usia 20 tahun) karena menghargai jenderalnya yang begitu loyal; walau berakhir perceraian.

*Kelima* kali (usia 27 tahun) adalah pernikahan yang paling tidak diketahui alasannya; melahirkan anak yang bernama Pangeran Cem. Pangeran Cem berperang 2 kali dengan Bayezid II untuk perebutan tahta. Fitnah besar timbul yang membawanya menjadi tawanan dari Kairo hingga Malta.

_Suatu pekerjaan yang tidak populer dan tidak menarik utk banyak orang._

Agung Waspodo, lewat tengah malam, dengan segenap hormat saya kepada Sultan Mehmed II Fatih yang tak berkurang sedikit pun.

Depok, 6 Oktober 2017



Sumber: http://www.manis.id

Sebarkan! Raih pahala
===================

Comments